Judul                     : Penelitian Berbasis Proyek : Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D

Penulis                 : Amir Hamzah

Penerbit              : Literasi Nusantara (2019)

ISBN                      : 978-623-7125-78-5

Buku yang berjudul Penelitian Berbasis Proyek : Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D menyajikan teori dan praktik mendesain penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D hingga menghasilkan sebuah produk. Kegunaan penelitian adalah untuk memahami masalah, memecahkan masalah dan mengantisipasi masalah jika data yang diperoleh digunakan untuk mengupayakan agar masalah tersebut tidak terjadi. Pada buku ini, terdapat beberapa bab yang akan menjelaskan secara detail mengenai materi penelitian berbasis proyek, diantaranya :

  1. Bagian I Paradigma Penelitian
  2. Bagian II Penelitian Pendidikan Berbasis Proyek
  3. Bagian III Desain Penelitian Berbasis Proyek
  4. Metode Penelitian Kuantitatif
  5. Metode Penelitian Kuantitatif Berbasis Proyek
  6. Metode Penelitian Kualitatif
  7. Metode Penelitian Kualitatif Berbasis Proyek
  8. Metode Penelitian Pengembangan (R&D)
  9. Bagian IV Proposal Penelitian
  10. Literatur Penelitian

Buku ini sedikit berbeda dengan buku metode penelitian lainnya, penulis menjelaskan beberapa hal yang menjadi pembeda dalam buku ini diantaranya koreksi terhadap kesalahan dalam menetapkan tujuan penelitian dan kegunaan penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Koreksi terhadap kesalahan merumuskan masalah pada penelitian kualitatif, yang umumnya mengacu pada paradigma atau filosofi berfikir yang hendak dikonstruksi, serta hal lainnya yang dapat diketahui dengan membaca buku ini secara langsung. Penulis mengajak peneliti untuk merekonstruksi paradigma berfikir tentang pentingnya manfaat penelitian bagi masyarakat, menekankan pada penguasaan terhadap pengetahuan dan kegunaannya.

Jika ingin membaca keseluruhan buku ini atau menjadikan buku ini sebagai referensi untuk penelitian, maka dapat mengunjungi perpustakaan Universitas Widya Kartika atau mengakses e-katalog melalui link berikut