Penulis             : Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M. Pd.,
Dr. Masri Kudrat Umar, M. Pd.,
Dr. Keysar Panjaitan, M. Pd.,
Penerbit           : PT. Ina Publikatama,
Tahun Terbit : 2014,
ISBN               : 978-602-8053-06-8.

Buku ini merupakan pengalaman ketiga Penulis yang sekaligus sebagai dosen tentang sulitnya mahasiswa mengidentifikasi Variabel-variabel penting yang harus diteliti untuk memecahkan masalah pendidikan dan pembelajaran mendorong ketigannya berusaha menuliskan buku yang berjudul Variabel-variabel penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran ini. Ketiga penulis merupakan pakar dalam bidang pendidikan dimana semasa kuliah banyak mendiskusikan persoalan Variabel-variabel penting yang perlu dikaji untuk mengoptimalkan kualitas pendidikan di Indonesia. Tetapi banyak terlibat dalam kegiatan praktis pendidikan. Itulah sebabnya dalam buku ini banyak di uraikan Variabel-variabel Psikologi yang perlu di tumbuhkembangkan kepada peserta didik agar menjadi sumber daya yang diharapkan menjadi aset bangsa di masa depan.

Adapun Buku Ini terdiri dari 16 Bab Sebagai Berikut :

Bab 1: Tiga Variabel Pembelajaran  

Bab 2: Variabel Hasil Belajar Matematika Geometri

Bab 3: Variabel Strategi Pembelajaran Model Elaborasi

Bab 4: Variabel Gaya Kognitif

Bab 5: Variabel Kompetensi Pedagogik

Bab 6: Variabel Sikap Guru Pada Profesi Keguruan

Bab 7: Variabel Berfikir Kreatif

Bab 8: Variabel Motivasi Berprestasi

Bab 9: Variabel Kompetensi Guru Sekolah Dasar

Bab 10: Variabel Pengetahuan Manajemen

Bab 11: Variabel Kinerja Profesional

Bab 12: Variabel Kecerdasan Majemuk Dalam Pembelajaran di kelas

Bab 13: Variabel Prestasi Kerja Guru Sekolah Dasar

Bab 14: Variabel Lingkungan Kerja Guru

Bab 15: Variabel Partisipasi Dalam Pelatihan Kelompok Kerja Guru

Bab 16: Variabel Disiplin Kerja Guru

            Buku ini di susun sedemikian rupa yang di awali dengan memaparkan variabel Psikologi untuk menjadi variabel penelitian yang di pelajari kemudian disusul dengan penemuan teori yang mendukung teori tersebut, lalu mengemukakan indikatornya yang disusul dengan merumuskan sintesis teori untuk selanjutnya ditemukan rumusan definisi konseptual dan definisi operasional hingga akhirnya dapat disusun instrumen penelitian untuk mengukur variabel penelitian yang sedang dikaji.

            Oleh karena itu, buku ini sangat penting sekali untuk anda baca, khususnya bagi yang ini meneliti mengenai kegiatan penelitian dan pembelajaran…! Untuk mengakses katalog buku ini, bisa dilihat melalui link berikut