Penulis Utama       :    Dr. Erna Ferrinadewi SE., MM

Penerbit                 :    Yayasan Putra Adi Dharma

ISBN                      :    978-634-7155-21-4

Tahun Terbit : 2025

Buku ini berisi mengenai informasi penting untuk konsumen terkait emosi dan mood dalam menghadapi perilaku pembelian konsumen. Buku ini memiliki halaman sejumlah 127 lembar. Dan memiliki 7 bab yang sangat menarik untuk dibaca. Untuk lebih mengetahui tentang buku ini ada kalanya diawali dengan pendahuluan buku yang membahas menganai pengertian dari emosi dan mood.

Konsumen dalam hukum ekonomi diasumsikan sebagai entitas yang dalam pengambilan Keputusan selalu bertindak secara rasional. Namun pada kenyataannya banyak sekali keputusan-keputusan pembelian konsumen yang dilakukan berdasarkan sebuah pemikiran-pemikiran yang emosional. Keputusan pembelian konsumen secara sederhana ditentukan atau dipengaruhi oleh 4 hal penting yang senantiasa melingkupi situasi konsumen yaitu sebagai berikut :

  • Kondisi Keuangan
  • Kondisi Perasaan (Mood)
  • Situasi Pembelian
  • Situasi Pasar

Menurut Hume (2012) emosi dan mood merupakan sebuah bentuk dari konsep afektif. Emosi adalah sebuah perasaan yang berdurasi singkat, disebabkan oleh penyebab yang spesifik sehingga bentuknya juga menjadi spesifik seperti rasa marah, Bahagia, takut, kaget atau rasa jijik. Sedangkan, mood adalah sebuah perasaan berdurasi Panjang namun tidak diketahui apa penyebabnya secara spesifik.

Dimensi-dimensi emosi dan mood:

Berbagai penelitian yang telah dilakukan dalam konsep mood dan emosi. Kedua konsep ini memiliki ini pada awalnya sulit sekali untuk dibedakan, namun beberapa seorang peneliti berhasil membuat sebuah perbedaan mood dan emosi. Konsep emosi dan mood ini dapat dobedakan menjadi 7 yaitu :

  • Dimensi Struktur
  • Dimensi Konteks Subyektif
  • Dimensi Proses Somatik
  • Dimensi Tujuan
  • Dimensi Manajemen
  • Dimensi Fungsi
  • Dimensi Arti

Buku ini juga memiliki banyak sekali informasi diantaranya perbedaan dari mood dan emosi. Emosi memiliki 2 perbedaan yaitu Emosi Insidental dan Emosi Integral. Bagaimana kondisi mood dan emosi pada saat learning, recaal dan hasil. Memberikan sebuah model-model dalam keputusan pembelian hingga cara bagaimana menghadapi emosi dan mood dalam keputusan pembelian.

Ada beberapa tipe-tipe dalam menghadapi keputusan pembelian

  • Keputusan pembelian rutin
  • Pengambilan keputusan terbatas
  • Pengambilan keputusan yang diperluas

Buku ini juga memberikan bagaimana cara emosi dan mood dalam identifikasi sebuah kebutuhan konsumen serta hal lainnya yang berkaitan dengan keputusan pembelian. Untuk mengetahui secara lengkap isi buku ini, pembaca dapat mengunjungi perpustakaan Universitas Widya Kartika untuk mempelajari secara utuh informasi apa saja yang dapat diperoleh dari buku ini. Untuk mengakses katalog buku ini, dapat melalui link berikut.

Leave a Comment