Judul Buku: Differentiate or Die: Survival in our era of competition

Pengarang: Jack Trout

Penerbit: John Wiley & Sons Inc; 1st edition (January 1, 2000)

Tahun Terbit: 23 Maret 2000

Buku “Differentiate or Die!” yang ditulis oleh Jack Trout bekerja sama dengan Steve Rivkin mengungkap berbagai cara untuk menjadi menonjol di antara sejumlah besar pesaing dan pada saat yang sama tidak masuk ke dalam situasi di mana upaya pemasaran ditujukan pada perbedaan imajiner, dengan kata lain, ketika banyak hal tampak berbeda, tetapi sebenarnya tidak. Penulis menjelaskan bahwa di pasar modern ini banyak konsumen dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Untuk bertahan dalam pasar modern tentu saja kita harus mampu membuat konsumen tertarik dengan produk kita. Salah satu faktor utama yang menjadi penentu yaitu diferensiasi yaitu perbedaan dari produk anda dibandingkan produk lainnya. Diferensiasi akan membantu klien Anda membuat pilihan. Ini adalah kartu andalan anda dalam memperjuangkan konsumen. Penulis menggambarkan proses diferensiasi empat tahap. Proses ini terdiri dari langkah-langkah berikut.

Memahami Konteksnya

Pesan Anda harus masuk akal dalam konteks kategori tersebut. Anda harus menganalisis bagaimana orang-orang sudah melihat produk tersebut.

Temukan Ide Pembeda

Anda harus mencari sesuatu yang membedakan Anda dari pesaing dan yang memberi manfaat bagi konsumen Anda, sementara perbedaan Anda tidak harus selalu terkait dengan produk, contohnya saja perbedaan dalam cara pemasaran, metode penjualan.

Miliki Kredensial

Bila Anda telah menemukan perbedaan unik Anda, Anda harus mengonfirmasinya. Pernyataan tentang perbedaan tanpa bukti hanyalah pernyataan. Pesannya harus jujur, jika tidak, orang-orang akan berhenti mempercayai Anda. Membangun kepercayaan adalah hal yang penting dalam bisnis.

Komunikasikan Perbedaan Anda

Iklan, brosur, situs web Anda – semua saluran komunikasi yang Anda gunakan untuk menyampaikan pernyataan perbedaan Anda harus saling berhubungan dan menyampaikan satu ide. Anda perlu membuat program yang memungkinkan orang menyadari perbedaan Anda. Tahap ini mengacu pada penempatan produk.

Untuk menarik konsumen jangan membuat ide yang terlalu rumit, fokuslah pada satu ide yang kuat dan unik dan pastikan ide tersebut tertanam kuat di benak konsumen. Hindari hal-hal yang tidak sesuai dengan persepsi pelanggan Anda.

Perlu disebutkan beberapa hal tentang pentingnya sumber daya. Bahkan ide terbaik di dunia tidak akan berhasil tanpa uang yang dibutuhkan untuk mewujudkannya. Anda harus memiliki sumber daya untuk membuat program komunikasi yang akan menunjukkan perbedaan Anda di pasar.

Jadi, ide pembeda mana yang berhasil? Jack Trout dan Steve Rivkin mencantumkan yang berikut ini:

  • Menjadi yang Pertama.  Cara termudah untuk masuk ke dalam pikiran orang adalah menjadi yang pertama. Jauh lebih mudah untuk masuk ke dalam pikiran orang terlebih dahulu daripada mencoba meyakinkan seseorang bahwa Anda memiliki produk yang lebih baik daripada produk yang muncul pertama kali.
  • Kepemilikan Atribut.  Setiap produk, tergantung pada kategorinya, memiliki serangkaian atribut yang berbeda. Produk Anda akan menjadi unik jika dikenal melalui salah satu atribut ini. Memiliki atribut seperti itu akan memungkinkan Anda untuk berhasil menonjolkan produk atau layanan Anda. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak dapat memiliki atribut atau posisi yang sama dengan pesaing Anda. Jauh lebih baik untuk mencari atribut yang berlawanan yang akan memungkinkan Anda untuk bermain melawan pemimpin.
  • Kepemimpinan.  Dari sudut pandang psikologis, orang cenderung lebih percaya pada pemimpin. Berusahalah untuk menjadi pemimpin dalam kategori Anda.

Selain ide, penulis juga menjelaskan jenis jenis pengorbanan yang diperlukan untuk diferensiasi yang sukses. Pengorbanan produk, Pengorbanan atribut. Pengorbanan target pasar Apa pun yang Anda lakukan, Anda harus tetap setia pada jenis produk, atribut, atau segmen Anda. Jangan kesal maupun sedih karena Anda harus mengorbankan sesuatu, karena taktik ini hanya menyangkut bagaimana Anda menampilkan diri untuk menarik pelanggan. Anda tidak terbatas pada apa yang Anda jual kepada mereka, begitu tindakan Anda berhasil.

Pertimbangkan juga fakta bahwa minat dan kebutuhan konsumen tidak sama di mana-mana. Meskipun konsep produk mungkin universal, konsep tersebut harus disesuaikan dengan perbedaan budaya dan perundang-undangan setempat, dan pada saat yang sama jangan lupakan persaingan lokal.

Penting untuk tidak hanya menciptakan kepribadian Anda, tetapi juga mempertahankannya. Ingat perbedaan anda, tetaplah bertentangan, jadilah Konsisten, tetap terhubung, kembangkan perbedaan anda, jangan hanya diam saja.

Diferensiasi adalah strategi jangka panjang yang, dengan pendekatan yang tepat, akan mendatangkan keuntungan. Temukan perbedaan Anda dan bawalah kepada konsumen, dan merek Anda akan tetap berada dalam pikiran mereka untuk waktu yang lama, dan inilah yang perlu dicapai agar orang-orang memutuskan untuk memilih produk Anda.

Apabila ingin membaca buku ini secara lengkap dapat mengunjungi perpustakaan Universitas Widya Kartika atau melalui katalog di link berikut

Leave a Comment