Sustainability : Green & Healthy Building

Mendukung Indonesia Menuju Zero

Emisi


Penulis : Dr. David Kiki Baringin M.T. Samosir, SE., MM., CMA., CSRS

Tahun Terbit : 2022

Penerbit CV. Pustaka Kreasi Mandiri

ISBN : 978-623-88279-3-0

Buku ini ditulis oleh Dr. David Kiki Baringin M.T. Samosir, SE., MM., CMA., CSRS yang membahas mengenai aspek ekonomi secara makro maupun mikro untuk mendukung Indonesia menuju Net Zero Emission.

Fokus dalam buku ini adalah sustainability, yaitu pembangunan berkelanjutan dengan mengoptimalkan 3 pilar penting, yaitu Sumberdaya Alam (Planet), Sumberdaya Manusia (People) dan dunia usaha (Profit) (John Elkington, 1998)

Buku ini terbagi menjadi 9 Bab, terdiri dari bahasan mengenai :

1. Sustainability

Bab ini membahas mengenai peran masyarakat, pendidikan, kebudayaan, Teknologi, kesehatan serta aspek sosial hingga green economy dan green accounting.

2. Green Home

Pada bab 2, pembahasan cederung kepada permasalahan ketika covid, yaitu himbauan agar tidak keluar rumah yang sekaligus menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman dan aman bagi penghuninya.

3. Green Building

Green Building merupakan konsep bangunan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan, hemat energy dan sumberdaya alam lainnya. Dalam buku ini dijelaskan mengenai manfaat, indicator dan dimensi green building di Indonesia, Implementasinya pada bangunan seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran rumah sakit hingga pasar tradisional sehingga pembaca dapat mengetahui manfaat hingga penerapannya sesuai dengan kondisi di masyarakat, khususnya di Indonesia.

4. Green Behaviour

5. Green Building & Green Behaviour

6. Green Building dan Environmental Awareness

7. Pengelola Gedung sangat memperhatikan Business Performance

8. Healthy Building Mulai Diminati Selama Pandemi Covid-19

9. Strategi Pengelola Gedung Untuk Meningkatkan Daya Saing (Competitive Adventage)

Detail lainnya mengenai isi buku Sustainability : Green & Healthy Building Mendukung Indonesia menuju zero emisi dapat dilihat di perpustakaan Widya Kartika dengan melalui katalog berikut

Leave a Comment