Filsafat Politik Melayu : Kajian Filologis dan refleksi filosofis terhadap kitab Taj Al-Salatin karya Bukari Al-Jauhari

Penulis             : Dr. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag., M.Hum., MA

Penerbit           : Litera

ISBN                : 978-623-7864-09-07

Buku ini merupakan buku karya Dr. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag., M.Hum., MA yang merupakan pengembangan desertasi. Berisikan informasi mengenai aspek filologi yang terdapat dalam naskah Taj Al-Salatin yang sekaligus mengkaji gagasan dalam kitab tersebut, diantaranya mengenai unsur filsafat politik dan kenegaraan. Hal yang menarik dari buku ini adalah penulis melakukan penggalian data secara langsung, yaitu membaca naskah asli kitab Taj Al-Salatin yang terdapat di perpustakaan nasional. Selain itu, penulis juga membaca naskah sezaman lainnya sebagai bahan perbandingan untuk mengetahui mana dalam tulisan tersebut. Selain itu, naskah yang dikaji juga dikomparasikan dengan transliterasi yang dihasilkan oleh penulis lain sebagai bahan refleksi.

Isi dari buku ini mencakup enam Bab yang terdiri dari :

Bab I yang membahas mengenai Taj Al-Salatin dan kesusastraan melayu klasik. Hal ini banyak membahas keterkaitan antara kebudayaan melayu dan Islam dilihat dari aspek sejarah, tradisi, budaya serta politik di masa tersebut.

Bab II, membahas bahasan singkat mengenai Bukhari Al-Jauhari dan kitab Taj Al-Salatin. Pada bab ini penulis banyak menjelaskan mengenai latar belakang penulis kitab yaitu Bukhari Al-Jauhari dan gaya penulisan kitabnya, yaitu Taj Al-Salatin. Hal ini ditegaskan dengan pendapat dari penelitian sebelumnya yaitu dari :

Bab III, Pada bab ini, penulis mejelaskan secara mendetail mengenai naskah kitab Taj Al-Salatin. Hal ini mencakup invetaris naskah hingga deskripsi naskah. Pada bab ini penulis juga menjabarkan mengenai transliterasi naskah yang bertujuan untuk memudahkan orang kurang mampu membaca naskah asli sekaligus mempermudah kajian ilmiah selanjutnya di masa yang akan datang.

Bab IV Bab ini membahas mengenai pemikiran politik dan kenegaraan dalam kitab Taj Al-Salatin. Bab ini terbagi menjadi 5 sub bab diantaranya bentuk Negara dan sistem pemerintahan, struktur pemerintahan, raja dan kekuasaan, hand an kewajiban raja terhadap rakyatnya serta hubungan warga Negara muslim dan non-muslim. Hal ini merupagan gambaran ideal yang diharapkan oleh Bukhari Al-Jauhari dalam membangun pemerintahan.

Bab V bab ini berisikan kritik terhadap kitab Taj Al-Salatin, mengenai dinamika perkembangan pemikiran politik dunia islam, serta kelebihan dan kekurangan kitab Taj Al-Salatin

Bab VI bab terakhis ini berisikan gagasan penulis mengenai kitab Taj Al-Salatin, termasuk kelemahan dan kelebihannya serta saran mengenai perlunya pelestarian naskah-naskah klasik yang menggambarkan kejayaan intelektual bangsa Indoensia dimasa lampau sehingga dapat dipelajari dikemudian hari.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena berisikan gagasan dalam membagun sebuah bangsa yang ideal sekaligus mengetahui pemikiran-pemikiran terdahulu mengenai pembentukan pemerintahan maupun sistem politik, khususnya menurut pemikiran Bukhari Al-Jauhari dalam naskah Taj Al-Salatin. Apabila ingin melihar bacaan lengkap dan ingin mempelajari kajian mengenai filsafat politik melayu khususnya pada kitab Taj Al-Salatin karya Bukhari Al-Jauhari, maka dapat melihat bukunya secara utuh di perpustakaan Universitas Widya Kartika atau mengakses melalui katalog berikut.

Leave a Comment