Judul : Mind Maps at Work

Pengarang : Tony Buzan

ISBN : 979-22-1632-4

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Mind mapping merupakan salah satu teknik dalam menggambar cabang-cabang ingatan untuk mengatur rencana dan waktu kerja yang ingin diraih maupun menentukan jalan kerja suatu usaha/bisnis. Mind mapping juga membantu kinerja otak manusia untuk berpikir lebih optimal serta mengimbangi kedua bagian otak (kiri-kanan) demi mencegah ketegangan pada otak ketika berpikir. Di dalam dunia kerja, terdapat banyak pengusaha bisnis yang membuat mind mapping dari segala aspek usaha melalui istilah trial and error seiring berjalannya zaman demi membuahkan inovasi. Sama halnya seperti orang-orang yang ingin melakukan apapun di lingkup apapun, baik itu lingkup kerja maupun lingkup sosial.

Melalui pengetahuan dan pemikiran yang cerdas, seseorang dapat merancang rencana melalui mind mapping.  Langkah awal dari mind mapping adalah untuk menggambar sebuah diagram bercabang tentang diri orang itu sendiri, kinerja di lingkungan kerja, tujuan-tujuan masa depan, dan sebagainya. Selain membuat mind mapping yang tepat sasaran, usaha dan cara untuk menghadapi dunia kerja dapat memudahkan seseorang untuk berpikir lebih kritis terhadap aksi yang akan disampaikan. Metode ini juga berfungsi untuk mengatasi masalah-masalah internal (semisal stres) maupun eksternal (omongan orang-orang lain).

Dengan adanya mind mapping, apapun dapat dikerjakan secara sistematis dan terarah dari awal hingga akhir. Apapun kerjaannya, buatlah mind map dengan segera, lalu kerjakanlah sesuai tujuan dan target.

Link akses Buku

Klik Disini

By VT