Katalog online merupakan sarana mempermudah kegiatan temu kembali (retrieval) bahan pustaka di perpustakaan. dan juga sebagai sarana penelusuran yang mandiri bagi pengguna perpustakaan karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja, tanpa harus mengunjungi perpustakaan terlebih dahulu.

Ada 2 metode pencarian katalog online perpustakaan :

  • PENCARIAN SEDERHANA, yang merupakan metode paling sederhana pada pencarian katalog, Anda hanya memasukkan kata kunci apapun, baik itu yang terkandung dalam judul dokumen, nama penulis atau subyek. Anda dapat menyediakan lebih dari satu kata kunci dalam metode Pencarian Sederhana dan akan memperluas hasil pencarian Anda.
  • PENCARIAN KOMPLEKS, memungkinkan Anda menentukan kata kunci di bidang yang lebih spesifik. Jika Anda ingin hanya berisi kata kunci Anda dalam bidang judul, kemudian ketik kata kunci di bidang Judul dan sistem akan ruang lingkup itu pencarian hanya pada field Judul, bukan di bidang lain. Kolom lokasi memungkinkan Anda mempersempit hasil pencarian berdasarkan lokasi tertentu, sehingga hanya koleksi yang ada di lokasi yang dipilih mendapatkan diambil oleh sistem.